Tuesday, March 25, 2008

PM Singapura & PM Batam Jalin Hubungan Kerjasama.

Kamis – Sabtu, 20 – 22 Maret 2008 merupakan hari yang cukup melelahkan bagi penulis. Saat itu datang kunjungan Pemuda Muhammadiyah (PM) Singapura sebanyak 12 orang (delegasi) ke Batam guna menjalin silaturrahmi dan sekaligus rencana hubungan kerjasama dalam berbagai aspek, termasuk rencana kerjasama bidang ekonomi (bisnis) dengan Pemuda Muhammadiyah (PM) Kota Batam. Kebetulan sekali dalam struktur Pemuda Muhammadiyah Kota Batam, penulis diamanahi sebagai Sekretaris hingga tahun 2011.

Ke dua belas delegasi Pemuda Singapura tersebut adalah: Mohd Adib Bin Mohd Suhaimi (ketua pengerusi Pemuda Muhammadiyah Singapura), Muhammad Shamin Bin Mohamed Sidek (Wakil Pengerusi), Muhammad Nazmi Bin Mustafa Kemal (Sekretaris), Isamuddin Bin Abul Latiff (Penolong Bendahara), Hardian Bin Hassan (Anggota), Muhammad Ilham bin Zulkifli (anggota), Muhammad Zharfan Bin Mohd (anggota), Handi M Agus (Publication), Muhd Afif Muhaimin Bin Sapiee (anggota), Muhammad Sarfi Bin Mohamed Shis (anggota commite), Muhammad Dzar Bin Ismail (anggota commite) dan Muhammad Nor Hisham Bin Sohne (Angota Media dalam Commite).

Rombongan Pemuda Muhammadiyah Singapura sampai di Pelabuhan Internasional Batam Center hari kamis, 20 maret 2008 pukul 22.00 WIB, yang dijemput langsung oleh Pimpinan-pimpinan Pemuda Muhammadiyah Kota Batam (ketua, sekretaris, bendahara, wakil-wakil ketua, wakil-wakil sekretaris dan beberapa nggota). Rombongan kemudian menuju Hotel PIH Batam center, dan disambut langsung oleh Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah M. Husin dan Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Remaja Muhammadiyah Bob Fadlian yang sudah lebih dulu sampai di Batam.

Rangkaian-rangkaian kegiatan dimulai pada hari jumat tanggal 21 maret 2008. Sejak pukul 08.30 WIB rombongan menuju Panti Asuhan Muhammadiyah di Nongsa, dibawah pembinaan Bapah Said Singgih. Ditempat ini rombongan Pemuda Muhammadiyah Singapura berdialog langsung dengan beberapa pimpinan panti asuhan dan sekaligus anak-anak yatim / piatu. Dalam dialog tersebut ada beberapa point yang dibahas, termasuk rencana Pemuda Muhammadiyah mengupayakan pembiayaan mandiri Panti Asuhan Muhammadiyah Nongsa.

Perjalanan dilanjutkan menuju Masjid Raya Batam Center, guna menunaikan Sholat Jumat. Tepat pukul 14.00, rombongan tiba di Kompek Perguruan Muhammadiyah ASEAN di Tembesi Batu Aji, yang kemudian dilanjutkan dengan agenda ramah tamah dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Kepulauan Riau, Pimpinan Wilayah Aisyiah Provinsi Kepulauan Riau, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batam, Pimpinan Daerah Aisyiah Kota Batam, Pimpinan-Pimpinan Cabang Muhammadiyah se Kota Batam dan Pimpinan-pimpinan Organisasi Otonom Muhammadiyah se Kepulauan Riau.

Dalam season ramah tamah tersebut, ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Kepulauan Riau Dr. Chablullah Wibisono menyambut baik rencana kerjasama Pemuda Muhammadiyah Singapura dan Pemuda Muhammadiyah Kota Batam. Beliau juga mengarahkan upaya-upaya optimalisasi lahan Muhammadiyah di Batam (seluas 12 Hektar) agar benar-benar dijadikan sebagai pusat Kaderisasi Muhammadiyah ASEAN sebagaimana rencana Pimpinan Pusat Muhammadiyah beberapa tahun yang lalu.

Selesai makan malam, acara dilanjutkan dengan materi Strategi Dakwah Muhammadiyah di ASEAN yang disampaikan oleh Bapak Imbalo Iman Sakti, salah satu Pimpinan Wilayah Muahammadiyah Kepulauan Riau. Dalam materi tersebut, pemateri lebih menekankan upaya dan strategi dakwah Muhammadiyah dalam menjawab persoalan-persoalan sosial kemasyarakatan, lintas Negara ASEAN.

Sabtu 22 maret 2008, sejak pukul 08.00 WIB rombongan menuju ke SMP dan SMA Muhammadiyah Batam yang ber alamat di Batu Aji guna melakukan kajian tentang strategi bidang pendidikan. Dari dialog dengan kepala sekolah, didapat kesepakatan tentang adanya pertukaran murid dan guru dengan beberapa amal usaha pendidikan Muhammadiyah Singapura yang waktunya akan ditentukan kemudian.

Kegiatan dilanjutkan menuju kantor Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Muhammadiyah Kota Batam yang sekaligus menjadi kantor Pemuda Muhammadiyah Kota Batam. Ditempat ini dibahas secara umum rencana kerjasama Pemuda Muhammadiyah Singapura dengan Pemuda Muhammadiyah Kota Batam dalam berbagai bidang kegiatan, antara lain: Bidang Organisasi, Dakwah, Pendidikan, Litbang, Olahraga, Kaderisasi, Sistem Informasi (IT), Bidang Ekonomi, Buruh dan Tenaga Kerja serta pariwisata. Pembahasan secara spesifik di rencanakan saat kunjungan balik Pemuda Muhammadiyah Batam ke Singapura.

Tepat pukul 15.00 WIB, Pemuda Muhammadiyah Singapura meninggalkan Kota Batam dengan banyak pekerjaan Rumah yang nantinya akan diselesaikan bersama-sama dengan Pemuda Muhammadiyah Kota Batam.

Alhamdulillah selesai sudah kewajiban menjamu tamu yang harus kami lakukan, meski dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangan-kekurangannya. Kepada Saudara-saudara Pemuda Muhammadiyah Singapura kami sampaikan permohonan maaf bila dalam penyambutan kami ada yang tidak berkenan di hati.

Terakhir kami sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:
Ayahanda Chablullah Wibisono (Ketua PWM Provinsi Kepulauan Riau)
Ibunda Indrastuti (Ketua PWA Provinsi Kepulauan Riau)
Ayahanda Imam Bachroni (Ketua PDM Kota Batam)
Ayahanda Emtizar Karyan (PWM Provinsi Kepri)
Ayahanda Suparjan Towiharjo (PWM Provinsi Kepri)
Ayahanda Hendri Mulya (Ketua PW. PMB Provinsi Kepri)
Ayahanda Imbalo Iman Sakti (PWM Provinsi Kepri)
Ayahanda Aris Muryasani (PWM Provinsi Kepri)
Kakanda Syahrial (Sekretaris PPWM Provinsi Kepri)
Segenap Pengurus Pemuda Muhammadiyah Kota Batam
Semua pihak yang tidak dapat kami tulis satu persatu.

(E-sms ).

1 comment:

andymse said...

Di antara nama-nama itu saya ada yang kenal... Aris Muryasani... bahkan saya menulisnya khusus di blog saya... Silahkan search di blog saya...
Salam kenal dari Solo